Tuesday, February 15, 2011

Islam tiba di Amerika lima abad lebih awal dari Christopher Colombus

Image
Islam telah masuk ke benua Amerika lima abad lebih awal sebelum Christopher Colombus tiba di benua tersebut. Christopher Colombus menyeberangi lautan Atlantik dan tiba di benua Amerika pada tahun 12 Oktober 1492. Perjalanan tersebut ditaja oleh Ratu Isabella dari Castilian Spanyol setelah ratu tersebut berjaya menaklukkan Andalusia.

Christoforo Colombo (lidah Barat menyebutnya “Christophorus Colombus”) merupakan anggota Knights of Christ diburu oleh pemerintah Paus Clement IV dan Raja Perancis, King Felipe V, sejak tahun 13 Oktober 1307.

Colombus menjejakkan kakinya di Amerika di akhir abad ke-15 Masehi. Lima abad sebelum Colombus tiba, para pelaut Muslim dari Granada dan Afrika Barat sudah menjejakkan kaki mereka di daratan-benua yang masih belum diterokai dan hanya diduduki oleh suku-suku asli yang tersebar di beberapa bagiannya.

Imigran Muslim pertama di daratan ini tiba sekitar tahun 900 Masehi sebelum setengah abad kemudian pada masa kekuasaan Dinasti Umayyah. Salah satunya bernama Khasykhasy Ibn Said Ibnu Aswad dari Cordova. Orang-orang Islam inilah yang mendakwahkan Islam pada suku-suku asli Amerika. Sejumlah suku Indian Amerika pun telah memeluk Islam antaranya suku Iroquois dan Alqonquin.

Bahasa Arab yang ditemui di Mississipi Valey dan Arizona, dikatakan orang-orang Islam yang datang ke daratan ini juga membawa gajah dari Afrika. Colombus sendiri datang ke Amerika lima abad kemudian dibantu dua nakhoda Muslim bersaudara bernama Martin Alonzo Pizon yang memimpin kapal Pinta dan Vicente Yanez Pizon yang ada di kapal Nina. Kedua bersaudara ini adalah kerabat dari Sultan Maroko dari Dinasti Marinid, Abuzayan Muhammad III (1362-1366).

Catatan harian Colombus tertulis pada hari Isnin, 21 Oktober 1492, ketika berlayar berhampiran Gibara di tenggara pantai Cuba, mereka mengaku telah melihat sebuah masjid dengan menaranya yang tinggi yang berdiri di atas puncak bukit.

Doktor Barry Fell dari Oxford University juga menulis dalam kajiannya, berabad sebelum Colombus tiba di Amerika, sekolah-sekolah Islam sudah banyak didirikan antaranya di Valley of Fire, Allan Springs, Logomarsino, Keyhole, Canyon, Washoe, Mesa Verde di Colorado, Hickison Summit Pass di Nevada, Mimbres Valley di Mexico, dan Tipper Canoe-Indiana.

Nama Mecca ada di Indiana, lalu Medina ada di Idaho, New York, North Dakota, Ohio, Tenesse, Texas, Ontario-Canada. Bahkan di Illinois ada bandar kecil bernama Mahomet yang berasal dari nama Muhammad.

Suku-suku asli Amerika ternyata berasal dari nama Arab, antara lain Suku Apache, Anasazi, Arawak, Cherokee, Arikana, Chavin Cree, Makkah, Hohokam, Hupa, Hopi, Mohigan, Mohawk, Nazca, Zulu dan Zuni.
Image
Beberapa suku Indian yang juga selalu mengenakan serban di kepala mereka antaranya Sioux, Chippewa, Yuchi, Iowa, Sauk, Creek, Kansas, Miami, Potawatomi, Fox, Seminole, dan Winnebago. Foto-foto suku indian berserban ini masih disimpan di berbagai muzeum dan arkib nasional Amerika, antara lain yang ada di Philadelphia. Foto-foto itu berasal dari tahun 1835 dan 1870.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Hari-hari rakyat susah 2.0 Copyright © sejak 2007 Hari-hari rakyat susah 2.0 Keretaburuk/Tempe Goreng Blogger Template